Bali Menjadi Saksi Lahirnya Para Generasi Baru Kreatif di Industri Periklanan

Jakarta 9 Desember 2023 – FCN (Future Creative Network), GOODSTUPH, dan Dentsu indonesia bergantian berbagi gelar di penghargaan tertinggi Citra Pariwara 2023 yang rangkaiannya berakhir pada Jumat malam yang lalu (8/12) di Ballroom Hotel Sofitel Bali. 

FCN Creative berhasil meraih penghargaan tertinggi sebagai Creative Agency of The Year, sementara GOOD PEOPLE NETWORK by GOODSTUPH merebut Digital Agency of the Year, dan Dentsu Media mengokohkan diri sebagai Media Agency of the Year. Selain itu Filmbunny meraih gelar Craft House of The Year dan McDonalds Indonesia dinobatkan sebagai Advertiser of the Year tahun ini. 

Festival periklanan tahunan terbesar di Indonesia edisi ke-36 ini mengusung tema “Ingenious and Contagious” yang mendorong lahirnya generasi-generasi baru kreatif di industri periklanan. Selain dari pengiriman karya di kategori-kategori utama yang banyak diiisi karya dari darah-darah muda periklanan, juga terdapat kategori khusus bagi insan muda periklanan yaitu Daun Muda Award, yang dimenangkan oleh pasangan Mufti Abdila – Syifa Audrey Azzahra dari Gushcloud Indonesia dan kategori khusus bagi mahasiswa BG Award yang dimenangkan oleh pasangan Angelica Ratih rahardjo – Attin Rizqifa Iffanda dari ITB.

Reza Fitriano selaku Chairman Citra Pariwara 2023, menyampaikan bahwa 2023 merupakan tahun yang penuh dinamika bagi industri periklanan.

“Walaupun banyak tantangan di tahun ini, namun jumlah entry tahun ini melebihi target yang kami harapkan. Pada awalnya, kami mempunyai target sebanyak 1000 entry. Namun, tidak disangka antusiasme dan semangat para peserta sangatlah besar sehingga tahun ini dapat menyentuh angka 1490, termasuk 178 entry Daun Muda Award”, ucap Reza dengan bangga.

Devi Attamimi, Co-Chairwoman Citra Pariwara 2023, menambahkan bahwa setiap tahunnya Citra Pariwara diselenggarakan untuk merayakan betapa kuatnya generasi muda industri periklanan lewat karya-karya yang diikutsertakan. 

“We want to celebrate ‘hunger’, and show how powerful the young generation of Indonesia di industri ini. Semoga tahun depan kita akan sama-sama merayakan lagi kemenangan karya-karya terbaik generasi muda industri periklanan Indonesia di kota lain!” ucap Devi.

Citra Pariwara merupakan sebuah acara penghargaan yang diadakan setiap tahun oleh Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) – DKI Jakarta. Ajang ini menonjol sebagai satu-satunya perhelatan tahunan dalam industri kreatif yang telah konsisten diselenggarakan sejak tahun pertama pelaksanaannya. Hal itu disampaikan oleh Elwin Mok, selaku Ketua P3I – DKI Jakarta, sambil turut mengucapkan selamat kepada seluruh pemenang Citra Pariwara tahun ini yang telah menginspirasi generasi muda periklanan dengan menunjukkan bakat-bakat luar biasa mereka pada entry tahun ini.

“Panggung Citra Pariwara adalah tangga pertama untuk para pemenang. Di balik panggung ini, masih ada tangga-tangga lain. Semoga yang menang di sini bisa naik ke tangga-tangga selanjutnya, melanjutkan kemenangan ke panggung yg lebih besar, khususnya di penghargaan-penghargaan kelas internasional seperti Adfest ataupun Cannes Lions,” tutur Elwin.

Amir Suherlan, Co-Chairman Citra Pariwara 2023 – mengucapkan rasa terima kasih yang mendalam kepada para sponsor yang telah memberikan kontribusi luar biasa. Para sponsor ini memainkan peran krusial dalam mendukung kesuksesan acara ini dan menciptakan platform yang memungkinkan industri kreatif untuk bersinar.

Selaku perwakilan panitia Citra Pariwara 36 Amir mengucapkan terima kasihnya kepada TikTok, Spotify, BAKTI Kominfo, City Vision, SUPERLIVE, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kontribusi mereka tidak hanya meningkatkan visibilitas acara, tetapi juga mendorong pertumbuhan industri kreatif secara keseluruhan. Amir juga menyampaikan bahwa tahun ini merupakan Citra Pariwara dengan sponsor terbanyak sepanjang sejarah terselenggaranya acara ini.

Selain itu di Malam Anugerah Penghargaan tersebut Citra Pariwara juga memberikan Penghargaan Citra Pariwara untuk almarhum Narga Shakri Habib atas sumbangsih dan dedikasinya selama hidupnya untuk industri periklanan. Almarhum pernah menjabat sebagai ketua Citra Pariwara (2001 & 2002) serta beberapa jabatan penting di P3I Pusat (Sekjen 1999-2002; Ketua Umum 2002-2008). Bahkan di akhir hayatnya beliau masih menjadi Anggota Dewan Pertimbangan P3I DKI Jaya. Penghargaan diserahkan oleh Ketua Dewan Pertimbangan P3I Pusat Irfan Ramli, yang juga sahabat almarhum, dan diterima pihak keluarga yang diwakili oleh kedua putri almarhum, yaitu Marsha & Channi Habib.

Selain itu Citra Pariwara juga memberikan penghargaan khusus kepada BAKTI KOMINFO atas kontribusinya.

Dalam akhir pernyataannya, Reza Fitriano menyampaikan rasa terima kasih, “Mewakili industri periklanan, kami mengucapkan banyak terima kasih atas perhatian, dukungan, dan kontribusi kepada seluruh pihak yang terkait. Semoga tema Citra Pariwara tahun ini dapat menginspirasi agar bakat-bakat luar biasa yang ada pada industri ini dapat tularkan serta dilanjutkan generasi berikutnya. Terima kasih dan sampai jumpa lagi di Citra Pariwara tahun depan!” tutup Reza.

Daftar Lengkap Pemenang Penghargaan Tertinggi Citra Pariwara 2023:

Creative Agency of the Year:
  1. FCN Creative
  2. Dentsu Creative
  3. GOODSTUPH
  4. Ogilvy
  5. Grab Creative Studio
Digital Agency of the Year:
  1. GOOD PEOPLE NETWORK by GOODSTUPH
  2. Dentsu Digital
  3. FCN Digital
  4. TJT Creative Labs
Media Agency of the Year:
  1. Dentsu Media
  2. FCN Media
  3. EssenceMediacom
  4. i-dac Indonesia
Craft House of the Year:
  1. Filmbunny
  2. Nayfosindo Production
  3. SYNDICATE
  4. Jalan Sore Production
  5. Apix10
Advertiser of the Year:
  1. McDonalds Indonesia
  2. NETFLIX
  3. Kreaby x Spotify
  4. Grab Indonesia
  5. Pandit Football